Jumat, 19 Februari 2010

John Peel Revolusioner


John Peel Revolusioner

          Berbicara tentang music cutting edge maka kita tidak lepas dari sosok yang terlahir 30 Agustus 1939 di Heswall, Inggris. John Robert Parker Ravenscroft yang dikenal dengan nema John Peel. Beliau adalah sosok besar bagi perkembangan music sidestream. Kecintaan dan loyalitas pada bidang ini semakin dapat terwujud karena Peel adalah seorang DJ di BBC Radio (Peel juga sempat menjadi penyiar di beberapa stasion radio lain sebelumnya). Peel terbiasa mendengar berbagai vinyl, kaset, dan CD dari band-band lintas genre yang kebanyakan tidak didengar orang saat itu. Tindakan ini sebagai wujud explorasinya dalam musik sesuai dengan visinya yaitu menunjukkan pada orang berbagai music yang pantas mereka dengar karena dari berbagai lagu yang dia suka akan dia putar dalam acaranya. The Peel Session adalah sesi siaran BBC bersama Peel, dalam kesempatan ini Peel banyak memutar lagu dari band sidestream yang bahkan pada waktu itu nama-nama band yang dimainkan belum muncul ke permukaan. Sebut saja Sex Pistols, The Clash, Napalmdeath, Joy Division, The Cure, dan Camera Obscura, bebrapa band ini sempat bekerja sama dengan peel melalui Peel Session. 

Tindakan nekat Peel memutar berbagai lagu dari band sidestream kurang diamini oleh berbagai pihak, konflik internal terjadi antara Peel dengan rekan kerjanya. Bahkan publik pun merasa tidak nyaman dengan tindakan Peel. Peringatan, teguran dan pemindahan jam tayang bebrapa kali menyerang sesi siarannya.

        Seperti baju bekas yang kemudian dinaptol, sesi Peel yang sebelumnya mendapat cekaman pada puncak pencapaiannya justru mendapat penghargaan dari Ratu Elizabeth. Penghargaan atas suatu dedikasi terhadap musik yang mampu merintis perkembangan musik independen. 

      Perjuangan besar dalam dunia musik oleh seorang sosok revolusioner berdedikasi dan integritas tinggi harus berakhir, John Peel meninggal akibat serangan jantung pada 25 Oktober 2004. Namun, perjuangan ini terus menginspirasi berbagai pihak untuk berupaya melanjutkan jalan yang telah dibuat Peel.

        Patutlah kita berterimakasih kepada Peel sehingga dewasa ini kita bisa mendengarkan music yang pantas untuk didengar. Wujud terimakasih banyak dilakukan berbagai scene independen dengar menggelar Peel Day mengenang dan melanjutkan spirit perjuangan John Peel sebagai revolusioner musik dunia. Peel Day biasa diperingati pada pertengahan Oktober, ini adalah upaya generasi sekarang melanjutkan semangat perjuangan Pheely. 



2 komentar: